Sabtu, 16 Oktober 2010

SQL dengan SQLite

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan temen-temen mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah pemrograman database adalah, bagaimana cara membuat program yang langsung membundel aplikasi dan database dalam sekali install. Pasalnya selama ini kebanyakan yang diajarkan di bangku kuliah adalah pemrograman database dengan menggunakan MySQL, sehingga mereka mempunyai asumsi kalau mau membuat aplikasi database harus menginstall pula database server seperti MySQL.

Mungkin ada yang ngasih solusi dengan membuat paket instalasi yang bisa membundel database server ke dalam satu paket instalasi. Itu adalah solusi yang cukup bagus menurut saya, tapi agak sedikit susah untuk diterapkan, terutama untuk pemula. Saya sendiri belakangan ini mendapatkan solusi lain yang cukup bagus (menurutku) dan mudah diterapkan. Yaitu menggunakan SQLite.

SQLite adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang menggunakan Query Language yang cukup mirip dengan RDBMS lain terutama MySQL. Kelebihan utamanya dibandingkan RDBMS lain adalah kita tidak perlu menginstall apapun, cukup menggunakan satu file executable (*.exe untuk Windows) untuk memuat serta me-manage database, dan mengkopi satu file database yang kita buat kalo sudah dijadikan satu dengan aplikasi yang kita buat.

Dan yang lebih menyenangkan lagi, sudah banyak bahasa pemrograman yang menyediakan support driver dan interface untuk SQLite, sehingga kita tidak perlu meninggalkan bahasa pemrograman kesayangan kita (kecuali kalau bahasa yang kita gunakan cukup langka seperti COBOL, Fortran, dll). Dalam implementasi menggunakan java, dalam banyak kasus migrasi dari MySQL ke SQLite, kita hanya perlu mengganti koneksi dan mengganti Driver JDBC dan aplikasi kita siap digunakan.

Di bawah ini ada tutorial minim tentang SQLite dan perbandingan Query Language-nya dengan MySQL. Kali ini saya baru bisa memberikan tutorial penggunaan SQLite sederhana, selanjutnya InsyaAllah saya akan menulis tutorial penggunaan SQLite dengan bahasa pemrograman tertentu seperti Java atau PHP (yang saya kuasai cuma itu :) ).

Oh ya untuk download SQLite bisa mengakses http://sqlite.org/download.html.

untuk download perintah SQL bisa DOWNLOAD DISINI

by fachri-blog

1 komentar:

Firman Pradana mengatakan...

gak bisa di download ..boss..linknya mati ..