Minggu, 07 September 2008

Program pengingat sholat


Kadang kalau sudah didepan komputer, apalagi sedang asik-asiknya browsing diinternet, kadang kita lupa sebagai orang muslim ada kewajiban solat 5 waktu. Solatpun menjadi keteteran, tidak tepat waktu lagi. Saya rasa ini adalah kebiasaan buruk, dan tentu saja harus diubah. Solusinya? beberapa bulan yang lalu, ketika masih belajar delphi, saya membuat aplikasi kecil untuk mengingatkan waktu solat, baik wajib atau sunnah. Tidak hanya itu saja, anda bisa memasukkan janji anda dengan seseorang, jika waktunya tiba aplikasi ini akan mengingatkan anda dengan mengeluarkan sebuah alert cantik dengan suara. Nama aplikasi ini SimpleAsisten. Contoh aplikasi delphi ini sangat sederhana, saya tidak menggunakan database untuk menampung data jadwal. Saya menggunakan file teks biasa tetapi berakhiran .ini. Kalau master delphi bilang file itu namanya Configuration file. Yup benar, seharuanya file tersebut digunakan untuk menampung konfigurasi suatu software (biasanya desktop, tapi tidak tahu kalau sekarang PHP bisa mengakses file semacam itu).

Interface aplikasi

Aplikasi ini hanya terdiri 2 form. form pertama adalah form utama sedang form kedua adalah form yang berisi semua jadwal. Sebenarnya sama saja sih -keduanya sama-sama menampilkan jadwal, tetapi caranya saja yang berbeda. Berikut ini tampilan utama dari aplikasi ini.
contoh aplikasi delphi
Ketika dibuka, aplikasi ini langsung akan bersembunyi di taksbar anda (itu lho, didekat jam). Saya menggunakan icon try komponen untuk itu. Untuk melihat apliksai ini, tinggal klik dobel icon berbentuk PDA. Aplikasi ini juga bisa dijalakan ketika windows start, anda tidak perlu mengaktifkan. Mudah kan ?. Tunggu apalagi, silahkan download aplikasi delphi sederhana ini.

Buat para master delphi, jago delphi, tetua delphi, sesuhu delphi jangan menertawakan program saya ini karena sangat sederhana, lha wong saya hanya berbagi kok. Harapan saya semoga membantu.

Download aplikasi

Download source

1 komentar:

Unknown mengatakan...

link udah pada mati bang :'(
tolong share di email ane dong bang, ilham.arifuddin@gmail.com
matur nuhun sebelumnya.